NASKAH DRAMA UNTUK 7 PERAN



Naskah Drama Kelas XI.IPA.3 Kelompok 02
SMA 1 KAJEN
(untuk 7 orang)
Tokoh :
1.       Fira (anak) diperankan oleh Uchni Yuliani
2.       Ibu tiri diperankan oleh Aprilia Indah Pangestika
3.       Siska (teman anak) diperankan oleh Diana Fransiska Simarmata
4.       Boby (teman anak)diperankan oleh Dimas Al Fajar Ramadhan
5.       Bagas (teman anak) diperankan oleh Sandi Bagastian
6.       Gandis (teman anak) diperankan oleh Maylinda Anggun C
7.       Nenek tua diperankan oleh Salindri Wahyu Wardani

Sahabat Untuk Anak Tiri
Di sebuah rumah yang berada di tengah-tengah kota hiduplah seorang anak bernama Fira dan ibu tirinya.Ayah Fira baru dua hari yang lalu meninggal dunia.
Hari itu di kamar fira, Fira sedang bersama Siska.

Fira         : “ayah jangan tinggalkan fira yah”
Siska      : “sudahlah fir ini sudah jalan dari Tuhan untuk kamu dan ayahmu”
Fira         : ”tapi.......”
Siska      : “ssttt...! sudah,ayo bangun, mending kita jalan aja yuk?”
Fira         : “he’em”

Lalu Fira meminta izin pada ibu tirinya.

Fira         : “bu, aku mau minta izin buat pergi sebentar boleh?”
Ibu         : ”Nggak boleh!!!.pekerjaanmu saja belum selesai”
Fira         : “tolong lah,bu.”
Ibu          : “nggak boleh ya tetap nggak boleh!!.kamu itu dibilangin ngeyel”
Fira         : “iya,bu,iya”

Fira datang menghampiri siska yang telah menunggunya.

Fira         : “maaf sis,ibu aku nggak ngizinin aku pergi, kamu tahukan ibu tiri aku kaya apa?”
Siska      : “iya aku ngerti kok, ibumu kaya pemain sumokan?”
Fira         : “yalah terserah kamu aja”
Siska      : “yaudah aku pulang dulu ya, bye”

Dan pada waktu yang bersamaan, boby dan bagas sedang duduk asik di tempat tongkrongan mereka.

Boby      : “hey,taukah engkau cewek ini?”
Bagas    : “gak”
Boby      : “kalo cewek yang ini?”
Bagas    : “gak”
Boby      : “ini?”
Bagas    : “nggak tau!!”
Boby      : “nahh kalau yang ini pastilah engkau paham?”
Bagas    : “sialan itu nenek gua”
Boby      : “hahaha lagian ditannyain nggak tau terus”
Bagas    : “wah,, cantiknya”
Boby      : “siapakah yang dirimu katakan cantik?”
Bagas    : “kakek mu yang cantik hahahaha”
Boby      : ‘hahaha,lucu!!!”
Bagas    : “wahh ada siska tuh dateng”
Siska      : “woe.. lagi pada nggapain nihhh?”
Bagas    : “biasa”
 Siska     : “emang ngapain?”
Bagas    : “nggak ngapa-ngapain”
Boby      : “dari mana dirimu yang berkeringat kaku itu??”
Siska      : “dari rumah fira”
Boby      : “ow,ngapain engkau padanya?”
Siska      : “ya main lah”
Boby      : “terus dimanakah fira itu yang kamu mainin.tak datangkah ia dengan kau?”
Siska      : “nggak boleh sama ibunya”
Boby dan bagas : “ohhhhhh!!”
               
Disaat teman-temannya bersenang-senang ditempat tongkrongan mereka, fira sedang asik melakukan pekerjaan rumahnya bukan PR ya.

Ibu         : “fira... udah nyuci piring belum?”
Fira         : “udah,bu”
Ibu         : “nyuci baju jangan lupa”
Fira         : “udah juga,bu”
Ibu         : “nyapu ama ngepelnya jangan ketinggalan”
Fira         : “iya,bu udah,”
Ibu         : “oh iya sekalian motong rumput sama sekalian nyiramin itu taneman”
Fira         : “udah kok,bu”
Ibu         : “bagus... bagus... itu baru namanya anak tiri yang berbakti, sekarang pijitin emak”
Fira         : “iya,bu”

Sedang sibuk-sibuknya fira memijat emaknya, tiba-tiba terdengar suara orang mengetuk pintu.

Nenek : “assalamualaikum”
Ibu         : “siapa itu Fir,? coba sana lihat”
Fira         : “iya bu, waalaikumsalam, iya sebentar”
Nenek : “minta makan nak, nenek dari tadi pagi belum makan nak.”
Fira         : “lohh kenapa nenek nggak makan?”
Nenek : “nenek puasa nak,”
Fira         : “kok sekarang nenek minta makan?”
Nenek : “nggak kuat”
Fira         : “ya udah,nek,tunggu sebentar ya. saya ambilkan”

Fira pun masuk ke rumah untuk mengambilkan makanan untuk sang nenek.

Ibu         : “siapa tamu yang datang Fir?”
Fira         : “pengemis,bu”
Ibu         : “terus kamu mau nggapain?”
Fira         : “mau ngambilin makanan”
Ibu         : “makanan!!! Nggak usah.suruh pergi saja”
Fira         : “tapi kasihan,bu”
Ibu         : “kamu itu ngebantah terus!! Nggak ada tapi-tapian.usir pengemis itu cepat”
Fira         : “iya,bu”

Fira pun menemui pengemis yang telah menuggu makanan darinya.

Fira         : “maaf nek, nggak boleh sama ibu saya buat ngasih makanan. Nenek disuruh pergi”
Nenek : “iya nak nggak papa, yasudah nenek pergi”
Fira         : “iya, maaf ya nek”

                Hari berlalu, fira bersama dengan siska duduk bersama di tempat tongkrongan mereka

Fira         : “sis, aku bosen nih,pengen cuci mata nih”
Siska      : “emmm, yaudah aku telfon bagas sama boby dulu, ok”
Fira         : “ok”

Kemudian siska segera menghubungi bagas dan boby agar berkumpul di tempat tongkrongan mereka.

Siska      : “yuk jalan-jalan, fira ngajakin nih,janjian di tempat biasa ya, ok aku tunggu kalian ya.. bayyy”
Siska      : “ehh lihat tuh si gandis,menor amat dandananya.ala tante-tante”
Fira         : “emang orang tuanya kerjanya apaan sih?”
Siska      : “bapak ibunya telah lama mati”
Fira         : “kenapa?”
Siska      : “ditelan bencana alam ini"
Fira         :”Oh..”
Bobby   :”maaf,apakah engkau telah menunggu aku sekian lama
Siska      :”Nggak,cuma lebih dari 2 jam kok.”
Bobby   : “hehe,kalau demikian maafkanlah daku”
Bagas    :”Emangnya kita mau kemana sih?”
Fira         :”jalan-jalanlah
Bagas    :”ya udah ayuk

Saat mau pergi, mereka bertemu nenek tua.

Nenek  :”Dek, minta uangnya.”
Fira         :”Loh, nenek kan yang kemarin ke rumah saya.”
Bobby   :”mengapa dirimu mengatakan seperti itu.apakah engkau mengenal nenek yang tak bertulang belekang ini?
Fira         :”itu pengemis yang kemaren
Nenek  : “nenek bukan pengemis”
Bagas    : “terus?”
Nenek  :”Nenek cuma peminta-minta.”
Semua  :”beeee
Siska      :”Yaudah nih ada uang buat nenek.”
Nenek  :”Makasih.. kalau mau pergi jangan pulang malem-malem yah,Nak.nenek Cuma               menasihati
siska      :”Iya udah yuk kita cabut.”

Setelah seharian mereka jalan-jalan. Sekitar jam 12 malam mereka pulang ke rumah masing-masing. Dan di rumah Fira, ternyata Ibu tirinya sudah menunggu di depan pintu.

Ibu Tiri  :”Ngapain kamu? Jam segini baru pulang?”
Fira                         :”Maaf,Bu. Kan ngerjain tugas.”
Ibu Tiri  :”Yaudah lanjutin aja tugasnya, nggak usah pulang sekalian!”

                Karena Fira kebingungan mau tidur dimana. Fira pun menelepon Siska.
(percakapan di telepon).

Fira         :”Hallo,Sis. Aku boleh tidur di rumah kamu nggak? Malam ini ajah..”
Fira         :”Tolonglah Sis..”
Fira         :”Ya udah, makasih..” (tut tut tut)
Fira         :”Sial! Tidur dimana nih? Hmmmm..aku tau !”
Fira         :”Hallo, ini Gandis bukan?”
Fira         :”Aku boleh tidur di rumahmu nggak?”
Fira         :”Nggak apa-apa, aku ikut kamu ya.”

                Di warung tempat tongkrongan Bobby dkk.

Bobby   :”Hei,kemana fira,berhari-hari sudah berlalu tak jua dia datang
Siska      :”3 hari lalu kan dia di usir sama Ibu tirinya.”
Bagas    :”Trus, sekarang dia dimana?”
Siska      :”Nggak  tau.”
Bagas    :”Lha itu Fira.”
Bobby :”mengapa dirinya bersamanya
Siska      :”Firaaa……”
Fira         :”Apa!”
Siska      :”Kok Fira jawabnya gitu?”
Gandis  :”Sekarang, Fira sudah berubah.”
Siska      :”Berubah gimana? Kamu apakan Fira?”
Bagas    :”Iya, kamu apakan Fira?”
Fira         :”Cukup. Sekarang aku nggak mau berteman sama kalian lagi. Karena saat aku susah nggak ada yang membantu aku dan ngertiin aku.”
Siska      :”Tapi,Fir?......”
Gandis  :”Yaudahlah Yuk,Fir. Kita pergi aja.”
Bobby   :”sudahlah,jikalau memang dirinya seperti demikian,biarkan saja
Bagas    :”Iya. Jangan hiraukan perkataannya tadi.”
Siska      :”Iya L

                Tiba-tiba datang nenek yang kemarin mereka temui.

Nenek  :”Kenapa,dek?”
Bagas    :”Wah ketemu nenek lagi, ngapain kesini nek?”
Nenek  :”Ini kan tempat langganan nenek.”
Bagas    :”Yee nenek.. Begini nek, teman kami udah ninggalin kami semua.”
Nenek  :”Innalillahiwainnailaihiroji’un.”
Bagas    :”Bukan mati nek, hanya saja Innalillahiwainailaihiroji’un.”
Bagas    :”bee,kalau begitu kamu mengatakan,itu sama halnya”
Nenek  :”Iya, nenek tau kok. Biarkan saja, nenek doakan semoga dia akan kembali lagi ke kalian.”
Bobby   :”Iya, makasih yang telah engkau katakan walau tak ada artinya,nek
Nenek  :”Oke.”

               



Malam hari Fira dan Gandis berada di depan diskotik.

Fira         :”Kita dimana,Dis?”
Gandis  :”Udah.. Kamu masuk aja lalu temui orang yang memakai baju biru itu. Kamu ajak ngobrol ya..”
Fira         :”Tapi kan aku nggak kenal sama dia.”
Gandis  :”Dia temenku. Dia udah tau kamu kok. Sana masuk aja, aku beli minum dulu ya.”
Fira         :”Tapi,Dis.. “

                Setelah berjam-jam di dalam diskotik. Fira pun menghampiri Gandis.

Fira         :”Teganya kamu,Dis..”
Gandis  :”Loh, kenapa?”
Fira         :”Aku kira kamu teman baikku. Apa kamu sering begini?”
Gandis  :”Ya. Ini pekerjaanku untuk menyambung sekolah dan hidupku. Aku rela melakukan pekerjaan apapun. “
Fira         :”Kenapa kamu tega memberikan aku pekerjaan seperti ini?”
Gandis  :”Aku lagi capek. Lagian kamu kan udah numpang di rumahku.”
Fira         :”Tapi aku kan temen kamu.”
Gandis  :”Temen? Haha .. Aku tuh cuman memanfaatkan kamu doang biar aku dapat duit.”
Fira         :”Aku nyesel temenan sama kamu. Aku mau pulang aja.”
Gandis  :”Pulang naik apa? Duit aja kamu nggak punya.”
Fira         :”Naik sandal!”
Gandis  :”Yaudah sana. Bye…. :D”

                Paginya Fira menemui teman-temannya di tempat biasa.

Fira         :”Hai,teman-teman..”
Siska      :”Ngapain kamu kesini?”
Fira         :”Kok gitu sih? Oke aku minta maaf. Aku tau aku salah, aku dijebak sama Gandis.”
Siska      :”Tapi kamu udah nyakitin kita semua.”
Fira         :”Oke fix aku ngaku salah. Makanya aku minta maaf.”
Bobby   :”sudahlah,jikalau dia mengatakan apa yang dia ingin katakan dan jangan katakan apa yang tidak kamu ingin katakan
Bagas    :”bisa jadi,bisa jadi
Siska      :”Apaan sih kalian. Oke aku maafin kamu.”
Bobby & Bagas :”Nah gitu dong..”
Fira         :”Makasih teman-teman..
bagas    :”Iya sama-sama. Kita semua kan teman.”
Fira         :”Hehe, yaudah aku traktir kalian makan yuk!”
Siska,Bagas :”Aseeek..”

               


Sedang asik-asiknya mereka makan nenek tua yang ternyata bukan pengemis tapi peminta-minta datang.

Nenek  :”Bu, bakso 1 yah.”
Bagas    :”Eh nenek, kok udah nggak buluk lagi?”
Nenek :”Nenek sekarang sudah kaya. Hasil dari ngemis lumayan nenek udah bisa beli rumah, mobil, handphone, baju baru.. Bahkan Insyaallah nenek mau naik haji, mau tobat.”
Bagas    :”Berarti, sekarang nenek yang traktir kami bakso ya.”
Nenek  :”Iya.. Oh iya, persahabatan kalian harus tetap utuh ya, saling membantu, saling percaya, dan jangan lupa hormati orang yang lebih tua. Tapi ingat, jangan jadi pengemis.”
Siska      :”Kenapa,Nek?”
Nenek  :”Nanti jadi saingan nenek..hahaha.”
Semua  :”Beeeeh..”
Fira         :”Habis ini naku mau pulang ah terus minta maaf sama Ibu walaupun Ibu tiri.”
Siska      :”Iya, aku juga ah.”
Bagas    :”Sama, aku juga.”
Bobby   :”Aku sih cuek.”

(ENDING : MENYANYIKAN LAGU KEPOMPONG)

-TAMAT-

Comments

Popular posts from this blog

DEWARUCI BASA JAWA DAN UNSUR INTRINSIK

LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA (INDIKATOR ASAM-BASA)

CONTOH HORTATORY EXPOSITION BAHASA INGGRIS